Pages

Subscribe:

W E L C O M E

W  E  L  C  O  M  E

Labels

Dunia Kampus

Jumat, 20 April 2012

Angka Pengangguran Sulsel Diklaim Turun 10,2%

Ilustrasi. Foto: CorbisMAKASSAR - Angka pengangguran terbuka di Sulawesi Selatan (Sulsel) turun 10,2 persen. Angka itu tercapai dalam rentang waktu 2005 hingga 2010.

Kesimpulan tersebut adalah hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Manajemen (P3KM) yang bekerja sama dengan Bank Dunia.

Professor Madjid Sallatu dari P3KM Unhas menjelaskan, penurunan itu dari angka 18,6 persen pengangguran terbuka pada 2005 menjadi 8,4 persen pada 2005. Hal itu menunjukkan Indonesia mengalami perkembangan sosial ekonomi yang pesat dalam lima tahun terakhir.

"Secara makro, angka itu turun karena ditunjang tingginya angka pertumbuhan ekonomi Sulsel selama lima tahun. Sayangnya, pertumbuhan ekonomi tersebut lebih banyak pada sektor konsumsi dan jasa. Bukannya pada sektor riil," terang Guru Besar Fakultas Ekonomi Unhas tersebut, di Makassar, Rabu (1/2/2012).



Madjid memproyeksikan angka pengangguran terbuka Sulsel akan habis lima tahun depan. Namun syaratnya, pemerintah dan semua pihak serius dalam menyiapkan lapangan kerja dan konsepnya.

"Pemerintah daerah harus mampu menyikapi proses produksi sektor pertanian yang menjadi andalan. Industri yang menunjang bahan baku berupa agroindustri, dan yang prosesnya hingga ke hilir bukan hanya proses produksi hulunya saja," pungkasnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel menyebutkan, sejak 2005-2010 rata-rata pertumbuhan ekonomi Sulsel 6,8 persen. Angka itu lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,7 persen.

0 komentar:

Posting Komentar