Pages

Subscribe:

W E L C O M E

W  E  L  C  O  M  E

Labels

Dunia Kampus

Sabtu, 19 November 2011

Abdul Gafar Abdullah (Ebiet G Ade)







Ebiet G Ade adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu Indonesia yang lahir pada tanggal 21 April 1954. Gaya musiknya telah mempengaruhi musik pop Indonesia. Tema lagu yang dibawakan Ebiet ini beragam, tidak hanya cinta, tetapi ada juga lagu-lagu bertemakan alam, sosial-politik, bencana, religius, keluarga dan lain-lain.

Ebiet memasuki lingkungan seniman Yogyakarta sejak tahun 1971. Motivasi terbesar yang membangkitkan kreativitas karya-karyanya adalah ketika bersahabat dengan Emha Ainun Nadjib (penyair), Eko Tunas (cerpenis), dan E.H. Kartanegara (penulis). Beberapa puisi Emha bahkan sering dilantunkan Ebiet dengan petikan gitarnya.
Walaupun ketika masuk dapur rekaman, tidak ada syair Emha yang ikut dinyanyikannya. Ebiet G Ade yang semasa mudanya ingin menjadi insinyur, dokter dan pelukis akhirnya memilih untuk mengejar karir sebagai penyanyi.


Ebiet G Ade menikah dengan Yayuk Sugiarto dan dikaruniai empat orang anak yaitu Abietyasakti Ksatria Kinasih, Aderaprabu Lantip Trengginas, Byatriasa Pakarti Linuwih dan Segara Banyu Bening.  Nama Ebiet G Ade menjadi dikenal sebagai pemusik balada yang juga pencipta lagu dan konseptor aransemen melalui album Camelia I yang terjual lebih dari dua juta copies (1979). Pada periode tahun 1979-1983, beberapa album rekaman Ebiet berhasil memperoleh penghargaan BASF Awards, AMI Awards, dan Planet Muzik Awards di Singapura untuk kategori musik Country atau Balada, satu segmen musik yang termasuk sempit ruang dengarnya.

Sedangkan pada tahun 1996 Ebiet mengeluarkan album Aku Ingin Pulang- 15 Hits Terpopuler. Dua tahun berikutnya ia mengeluarkan album Gamelan yang memuat lima lagu lama yang diaransemen ulang dengan musik gamelan. Kemudian pada tahun 2000, Ebiet merilis album Balada Sinetron Cinta dan pada tahun 2001 ia mengeluarkan album Bahasa Langit yang didukung oleh Andi Rianto, Erwin Gutawa dan Tohpati.

0 komentar:

Posting Komentar